Wednesday, February 02, 2005

70 TAHUN

"Seventy years old happens only once in a lifetime," that's what I said to my mom during her 70th birthday party that just finished couple of hours ago.

Tidak ada yang istimewa pada hari itu. Hanya lebih kepada kumpul-kumpul keluarga dan juga kumpul-kumpul setelah sekian tahun semua putra-putrinya ngga pernah lagi kumpul bareng. Hanya Mas Bambang yang sakit dan Mas Yoto yang sedang tugas di Aceh yang tidak hadir.



Nampaknya Bunda tetap menganut paham bahwa hari ulang tahun adalah hari biasa saja, tak ada yang lebih istimewa namun nampaknya untuk kali ini beliau berpikir lain. "Saya dapat bonus dari Tuhan," katanya. Bahwa beliau sekarang berusia 70 tahun adalah usia diatas rata-rata orang Indonesia kebanyakan.

Semakin hari saya semakin menyadari betapa semakin tua dirinya dan betapa semakin sensitif akan banyak hal. Dalam perjalanan kehidupannya dapat dikatakan bahwa beliau tidaklah hidup bergelimang dengan kesenangan dan kemudahan. Rasa-rasanya ingin sekali mengajak beliau untuk istirahat dan kemudian menikmati hidup sampai pada masanya nanti. Namun kembali, sebagai istri dari seorang perwira menengah, beliau diajar untuk bersikap lebih teguh, kukuh dan kuat dalam menghadapi apa pun problema yang muncul dihadapannya.

Kini Bunda sudah 70 tahun dan Bunda dalam doanya waktu tiup lilin [yang memang sengaja nampaknya diucapkan dalam bahasa Belanda] .. saya hanya mendengar that she wants all her children to be happy, patience and be good [berhubung pengetahuan bahasa Belanda saya terbatas maka saya tidak bisa mendengar yang lainnya] ...

Terkadang saya malu jika mengingat segala kebohongan yang pernah diucapkan oleh mulut kotor dan hina ini .. hanya untuk mengelabui Bunda, hanya untuk menyusahkan Bunda ...

Ah, seandainya waktu bisa berputar kembali, saya akan bekerja lebih baik lagi untuk kesenangan dirinya ..

Ah .. seandainya ...

No comments: