Monday, February 28, 2005

SECARA

SECARA

Tadinya saya sama sekali tidak ingat dengan kata 'secara' itu secara baik dan benar. Setelah kemudian seorang sahabat saya kembali mengunakan kata itu secara terus menerus maka pikiran ini rasanya agak terganggu dan lebih parahnya kata itu terngiang-ngiang di otak saya secara sadar.

Secara mengingatkan pada satu masa, kata tersebut seolah-olah membuat kita kembali pada masa Orde Baru, pada masa Eyang Soeharto masih punya gigi yang utuh yang bisa menggigit siapa saja, kapan saja dan dimana saja [as like Coke's slogan]. Waktu saya menemukan kata itu dipergunakan oleh sahabat saya, I can't help myself for keep smiling and laughing. Bukannya apa-apa, secara bahasa Indonesia yang baik dan benar, mungkin penggunaan kata itu salah namun tetap saja dipergunakan, secara penggunanya adalah seorang pembesar negara dan punya kekuasaan. Secara salah, beliau tetap benar.

Akhirnya kata-kata itu membuat saya kemudian teringat beberapa waktu kebelakang saat almarhum Bapak masih ada. Kalau diingat, walaupun tidak terlalu sering, Bapak dulu sering menggunakan kata secara itu dalam setiap kalimat-kalimat yang disampaikannya. Sehingga dalam pikiran saya sekarang ini adalah apakah kata 'secara' itu digunakan oleh orang-orang jaman dulu atau pada dasarnya adalah orang-orang Jawa yang berpendidikan Belanda pada masanya ? adakah ahli sejarah bahasa yang menelusuri mengenai hal itu ?

Secara awam .. saya tidak tahu. Bagaimana dengan anda ?

No comments: