Friday, January 07, 2005

PEMBANTAIAN, KEMENANGAN, LIBUR

Hari ini tanggal 7 Januari dan di Phnom Penh adalah hari libur nasional untuk memperingati jatuhnya rezim Pol Pot pada masa Khmer Merah dan kembalinya Phnom Penh sebagai ibukota kepada yang berhak.

Negara ini memiliki masa lalu yang kelam pada era tahun 1974 - 1979 [kalau tidak salah]. Masa dimana ketika terjadi pembantaian atas kurang lebih 2 juta umat manusia. Killing Field adalah tempat dimana terjadi penguburan massal atas korban-korban pembantaian dan Toul Sleng [penjara penyiksaan] adalah tempat dimana interogasi berlangsung.

Setelah menjalankan satu perjuangan yang panjang pada akhirnya atas bantuan Vietnam maka Kamboja bisa kembali berdiri merdeka. Tidak lagi menjadi Republik Khmer tetapi kembali menjadi Kerajaan Kamboja dengan bentuk pemerintahan kerajaan konstitusional.

Hari ini jalan-jalan dimana-mana macet, seluruh kota tampak semrawut dan seolah-olah setiap orang merayakan hari kemenangannya apalagi jatuh hari Jumat dan menjadikannya long weekend.

Lalu apa hubungannya dengan saya ? ..

Entahlah, saya kalau diikutsertakan pada judul diatas tersebut, mungkin hari ini tepatnya masih dalam taraf pembantaian. Mengerikan bukan ? sebagai ganti dari merayakan kemenangan atas rezim Khmer Merah, saya dibantai oleh rezim kecil [?]. Entah kapan bisa menang dan menikmati libur sebagaimana mestinya, sebagaimana layaknya orang lain.

Mungkin anda tahu ?

No comments: