Tuesday, May 17, 2005

DI PANTAI

Hari Sabtu yang lalu saya berangkat ke Sihanoukville, salah satu pantai di negaranya Raja Sihamoni. Sihanoukville merupakan tempat peristirahatan the King Father Norodom Sihanouk, terletak diatas bukit dan dari villanya tersebut beliau dapat melihat ke seantero kawasan pantai di Sihanoukville tersebut maka disebutlah tempat tersebut sebagai Sihanoukville, sedangkan nama aslinya adalah Kampong Som.

Dalam rangka program tahunan PERMIKA (Persatuan Masyarakat Indonesia di Kamboja), maka tahun ini diadakan Jalan Bareng PERMIKA ke Sihanoukville, 14 - 15 Mei 2005. Mengingat bahwa Kamboja mengalami libur nasional dari tanggal 13 sampai dengan tanggal 16 Mei 2005 maka diambillah tanggal tersebut untuk acara Jalan Bareng ini (yang akhirnya mengakibatkan saya tidak bisa pergi berlibur ke Bangkok dan Ho Chi Minh :( ). Maksud dan tujuan Jalan Bareng itu tentunya adalah mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi yang sudah terjalin selama ini dan juga merupakan ajang memperakrab diri bagi yang baru-baru datang.

Setelah hampir menjelang satu tahun disini, baru sekali ini saya mengikuti kegiatan PERMIKA especially dengan anggota rombongan sirkus yang sebegini banyak. Ada rasa keengganan untuk ikut sebenarnya mengingat bahwa beberapa dari mereka tidak menyukai eksistensi saya dalam kancah pergaulan masyarakat Indonesia di Kamboja (cieee ....) tapi berhubung dan berhubung sekali lagi semua yang menyangkut tindak tanduk dan perilaku saya adalah cerminan dan setidaknya bias dari nama Duta Besar, maka ke-ego-an saya kali ini harus mengalah (lagi lagi mengalah).

Maka pada hari Sabtu pagi pukul 08.00, berangkatlah saya menuju KBRI Phnom Penh dan berkumpul dengan masyarakat Indonesia lainnya yang sudah datang. Sambil menunggu bis datang, saya sempat mengobrol sana-sini, menyapa kiri-kanan, you know those that so-called basa-basi budaya timur.

Pukul 08.15 bis datang, kami pun berkumpul dan dibawah pimpinan Om Dubes, kita berdoa bersama, setelah itu absen dan naik ke bis masing-masing yang sudah ditentukan. Alhasil jam 09.00 kita berangkat menuju Sihanoukville. Dalam perjalanan saya lebih banyak diam atau mungkin bahasa yang lebih halusnya adalah tidur. Ya, saya menikmati perjalanan yang memakan waktu hampir tiga jam tersebut untuk tidur karena kondisi badan selama seminggu nampaknya sangat kurang tidur.

Sesampai disana cuaca mendung dan kami semua menikmati makan siang yang sudah disajikan oleh pihak hotel berupa macam-macam seafood. Berhubung lapar dan had no time to argue and being choosy so then I let myself eating and eating and eating.

Jam setengah tiga acara pun dimulai dengan lomba dan sebangsanya untuk kategori anak-anak. Sementara para budak-budak cilik itu berlomba, I withdrawn myself dengan jalan-jalan dipantai dan menikmati angin laut dan cuaca mendung.

Image hosted by Photobucket.com

Selesai acara anak-anak, jam 17.30 semua kembali ke kamar masing-masing dan I used that time untuk merokok dan minum kopi di kamar sambil nonton tivi dan bersms ria dengan orang-orang secara satu kamar hanya saya sendiri (I refused untuk share kamar, waktu itu sudah plan untuk share kamar dengan The Dear tapi ternyata doi ngga bisa berangkat).

Jam 19.00 makan malam dimulai dan I should sit in the same table dengan Om Dubes (ya olooohh, ada apa dengan perjalanan kali ini seolah semua ngga berkenan ... ), alhasil makan tidak bisa banyak dan praktek Table Manner dijalankan dengan sempurna. Bukannya kenyang, yang ada malah cape dan tegang serta tidak nyaman. Actually ngga apa-apa hanya aja suasana mungkin yang membuat I feel uncomfortable.

Malam itu pun acara berlangsung dengan biasa-biasa aja, I've been asking untuk jadi MC dan berhubung moodnya entah lagi kemana, I just make everything short dan simple serta terkesan agak sinikal (kata beberapa teman saya yang malam itu secara tidak langsung memperhatikan jalannya acara). Setelah sambutan ini dan itu serta berbagai lomba untuk kategori dewasa dan juga penyerahan hadiah, maka acara ditutup pukul 11.00

Jam 12.00 tepat tengah malam, I've been under the blanket already ... untuk kemudian bergabung lagi besok pagi dalam rangkaian acara Jalan Bareng ini ...

1 comment:

nana said...

oom keliatan orange banget deh di foto itu :P
kalo aku ikutan acara dg susana kyk gitu...hanya wajah jutek yg bisa kupersembahkan hihihi..