Wednesday, June 08, 2005

TAHUKAH ANDA ?

Buat yang hobi jalan-jalan or kongkow-kongkow di Plaza Semanggi, mungkin ini bisa membuat semakin cinta dengan Plangi ... :)

Kisah GRANADHA

Kawasan bisnis Graha Purna Yudha (Granadha) adalah kawasan yang meliputi pusat perbelanjaan Plaza Semanggi, gedung perkantoran serta Balai Sarbini, yang merupakan bangunan multifungsi, baik untuk pertunjukan seni, seminar, dan lainnya.

Tadinya, gedung itu didirikan sebagai Gedung Veteran RI, atas ide Presiden I RI, Soekarno. Peletakan batu pertamanya dilakukan 6 Januari 1965. Namun, baru delapan tahun kemudian, gedung itu selesai dibangun. Tepat 11 Maret 1973, Presiden Soeharto meresmikan penggunaan Balai Sarbini tersebut.

Gedung itu terus terpakai, namun lama-kelamaan kurang diminati lagi. Apalagi dengan semakin banyaknya gedung-gedung pencakar langit yang dibangun di Jakarta. Balai Sarbini seolah ”mati suri”. Belakangan, gedung itu direnovasi tanpa meninggalkan bentuk arsitektur bangunan yang khas, bulatan topi baja tentara di bagian atapnya. Maka, bangunan itu kembali ”hidup”, apalagi setelah diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 23 Februari 2004 lalu.

Kalau Anda berjalan-jalan ke sana, di depan Balai Sarbini, bisa dilihat tiga prasasti, masing-masing ditandatangani Presiden Soekarno (1965), Presiden Soeharto (1973), dan Presiden Megawati Soekarnoputri (2004). Di depan bangunan itu, juga ada patung dada Letjen TNI HM Sarbini (alm), yang namanya dijadikan nama bangunan tersebut. Di situ terdapat pula relief yang menggambarkan perjuangan TNI.

Lalu siapakah Letjen TNI HM. Sarbini itu ? ..
nantikan di episode berikutnya dari serial TAHUKAH ANDA ? ... :)

No comments: