Tuesday, April 12, 2005

LIBUR, KERJA, PULANG
12 April 2005

Lusa KBRI Phnom Penh tidak beroperasi selama satu minggu dikarenakan di Kamboja mulai dari tanggal 14 April sampai dengan tanggal 18 April adalah hari libur nasional dalam rangka Tahun Baru Khmer atau bisa dikatakan sebagai Lebarannya orang Kamboja.

Menurut sahibul hikayat itu pula selama perayaan tahun baru tersebut, udara sedang dalam kondisi yang paling top panasnya, bisa mencapai 40 - 42 derajat celsius. Satu hal yang memang tidak bisa dipungkiri ataupun dihindari, kecuali memang malas keluar ataupun kalau mau keluar haruslah malam hari yang tidak membawa efek banyak.

Manisnya lagi, libur selama hampir lima hari ini ternyata tidak bisa dinikmati secara full, secara bebas dan merdeka. Tanggal 17 rombongan Pramuka Republik Indonesia tiba di Phnom Penh dan dijadwalkan untuk courtesy call dengan Om Dubes jam 10.00 pagi saja. Tanggal 18nya Om Dubes direncanakan dipanggil oleh Menteri Kebudayaan Kamboja untuk satu hal penting. Lalu kapan liburnya ? hari Sabtu tanggal 16, Om Dubes harus menghadap Raja di Istana. So then, dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut maka tentunya I will be so hectic dan harus mendampinginya terus. Memang nasib.

Sementara pekerjaan lain masih menunggu dengan sabar untuk diselesaikan. Laporan kegiatan selama pameran kemarin, laporan dokumentasi kegiatan selama bulan Maret 2005. Oh apa daya .. mungkin nanti pas hari libur I will spend most of my time at the office.

Dan pas sore hari tadi, Tante Dubes menelpon saya mengatakan bahwa beliau kemungkinan harus kembali ke Tanah Air untuk urusan KKR alias Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi yang sudah mulai terdengar gaungnya dan sudah mulai terima pendaftaran untuk pembentukannya. Mengingat bahwa Tante Dubes adalah seorang aktifis rekonsiliasi bangsa, maka sudah dipastikan bahwa beliau akan sibuk. Terus terang saja, agak gimana gitu mendengar kabar bahwa beliau harus pulang namun tugas adalah tugas dan kewajiban adalah kewajiban.

Alih-alih saya yang mau pulang tanggal 14 ini, alhasil jadinya Tante Dubes yang pulang.

No comments: