Friday, June 16, 2006

THE LUNCH

seperti biasa tentunya hari jumat adalah hari beribadah bagi para umat muslimin di dunia. so, hari ini saya berangkat ke mesjid dengan mister k yang mana setelah jumatan akan makan siang bersama dengan saya, mister dd dan mister vc.

selesai shalat saya pun dengan sabar menunggu mister k yang sedang asyik berbincang dengan mister treasury. setelah pembicaraan mereka selesai, kami langsung melaju ke lemograss, sebuah restaurant yang menjual makanan thailand.

hari ini saya makan siang bersama mister k, mister dd dan mr. vc. kebetulan mr. vc memang sudah merencanakan untuk mengajak saya dan mister k makan semenjak beberapa bulan lalu maka lemongrass adalah tujuan yang dipilih. it's a thai food and also cambodian food dan rasanya pun enak.

pembicaraan selama makan siang pun beragam, dari mulai harga komputer (mister vc ini adalah pemilik perusahaan perawatan komputer) yang menurut dia naik 5 % dari harga sebelumnya, lalu membicarakan kebun karet yang baru saja dibeli olehnya sebesar kurang lebih 500 hektar yang mana adalah kongsi dagang tujuh orang dan kepemilikan mister vc ini "hanya" 75 hektar saja dengan total pembiayaan pengurusan sampai dengan nanti waktu panen in the next five years adalah 80,000 dollar amerika, sampai kemudian mister vc ini bilang bahwa dia ingin mengunjungi indonesia the next time saya atau mister k pulang.

saya pikir mungkin karena selama ini gaul dengan orang-orang indonesia so beliau ingin mengunjungi indonesia, secara beliau adalah orang mampu yang hampir sebulan sekali terbang ke singapore atau kuala lumpur, kalau hanya bangkok saja tidak usah ditanya.

"i want to visit indonesia once you guys go back,"
demikian katanya ke saya dan mister k.

'sure, just do let me know when do you plan to go and i will take care things that you need during your stay in indonesia,'
demikian kata saya membalas ucapannya, maksud hati memang bukan basa-basi, tulus mau bantu karena selama saya di phnom penh, mister vc ini sangat baik orangnya.

"i want to know what pulau galang looks like now,"

'excuse me ? .. you mean the galang island for the refugee ?'

"is there any other galang island in indonesia ?"

'not that i know of. why did you want to visit pulau galang, mister vc ?'

'because he was a boat people before. he's a refugee, '
mister k memberitahu saya

saya agak terkejut dan terpana sementara mister vc terbahak-bahak.

"hei, take a look at the mirror, take a look at your face,"
mister vc berkata

' you really were a refugee ?'

"yes, i was. from 1989 to 1992, three years and i learnt a lot of things and i could not forget that a lot of indonesians helping me"

saya masih tidak percaya bahwa mister vc yang saya kenal ini dulunya adalah manusia perahu dari kamboja yang ditampung di pulau galang bersama-sama dengan para pengungsi dari vietnam.

saya bilang sama dia bahwa jika dia ingin mengunjungi pulau galang, saya bisa mengusahakannya karena kebetulan kakak saya bekerja di iom, salah satu badan pbb yang mengurusi masalah imigran gelap.

satu fakta lagi yang bikin saya ternganga adalah bahwa sesungguhnya para manusia perahu itu adalah orang-orang kaya di negeri asalnya, mereka pergi mencari peruntungan atau ingin lepas dari sesuatu. tadinya saya masih membantah bahwa mereka adalah orang-orang kaya karena saya pikir jika mereka kaya, lalu kenapa repot-repot masuk ke negara orang dan illegal pula, tapi kemudian ketika diberitahu bahwa masing-masing individu mempunyai alasannya masing-masing besides setiap orang dipungut biaya yang tidak sedikit oleh pemilik kapal.

saya masih ingin mendengarkan cerita tentang perjalanan hidup mr. vc yang tampaknya seperti roller coaster, perjalanan hidup dia selama berada di pengungsian.

"if i tell you my story when i was in pulau galang from the first till i went back to cambodia, it will take three to four hours, so next time better, "

dan saya mempercayainya bahwa ini pastinya bukan sekedar cerita.

"but one thing that i can tell you is that all those boat people from cambodia, now they are the success persons"

dan saya membayangkannya ... seorang anak muda dulunya yang berpetualang menjadi manusia perahu dan sekarang menikmati hasilnya .. sebuah perusahaan perawatan komputer yang cukup besar dan merupakan cabang dari singapur, sebidang kebun karet soon will be seluas 75 hektar yang nantinya akan menghasilkan karet dan menjanjikan ...

hmmm ... bahwasanya Tuhan itu Maha Adil ..

so ada yang mau jadi manusia perahu ? anyone ? ..

3 comments:

Sherlie Yulvianti said...

Wouw. God is great isn't it? Work His way secretly. Gw mau dong jadi manusia perahu kalo jadi pengusaha nantinya :P.
Nice to read ur blog :)

Sherlie Yulvianti said...

Wouw. God is great isn't it? Work His way secretly. Gw mau dong jadi manusia perahu kalo jadi pengusaha nantinya :P.
Nice to read ur blog :)

sefawkes said...

tanyain donk mas...,kali aja Mr. VC (vietcong ?:P) butuh koki aseli dari indonesia..hehehehe