Friday, December 23, 2011

05.11.11 - Sebuah Catatan Kecil

Letak dasar sebuah pertanyaan adalah karena tidak mengerti, tidak tahu atau kurang jelas akan sesuatu hal. Kebanyakan dari kita tidak mau bertanya karena malu, takut dianggap bodoh, menganggap remeh orang yang bertanya.

Ketika teman-teman minum ngopi berkumpul, gw beneran marah dan sedih ketika salah seorang teman yang usianya masih sangat muda bertanya ke teman-teman yang ada.

Sebuah pertanyaan sederhana yang dia tanyakan dan dia menanyakan arti sebuah kata dalama bahasa Inggris, "Underestimate."

Sayangnya, instead of answering the questions, teman-temannya malah mentertawakan dan mengejeknya. Terkadang kita lupa bahwa sering kali kita tidak tahu apa-apa dan kita perlu bertanya, jika kemudian kita bertanya dan jawabannya seperti itu, lalu apa rasanya?

Salah seorang teman kemudian memberikan komentar ketika gw ngomel sama mereka-mereka ini, "tapi dia terlalu sering bertanya dan pertanyaannya terkadang banyakan ngga penting."

Darimana definisi tidak penting?

Tidak ada pertanyaan bodoh dan tidak ada pertanyaan tidak penting. Terkadang kita menjadi lupa bahwa banyak hal-hal mendasar yang kita ketahui secara tidak langsung dari pertanyaan-pertanyaan sederhana yang datang secara tiba-tiba.

Jangan pernah meremehkan kekuatan dari sebuah pertanyaan walaupun hanya sebuah pertanyaan yang kita pikir adalah sepele.

Apa pertanyaan yang terakhir kali anda tanyakan?

No comments: