Tuesday, January 24, 2006

Menjadi manusia hebat ...

Dalam dunia pergaulan atau katakanlah dalam dunia kehidupan sosial, kita selalu berinteraksi antara satu human being dengan human being lainnya. Dengan segala macam kompleksitasnya, dengan segala macam hal-hal yang berkaitan dengan otak, pikiran, emosi, rasa dan kemauan.

Ketika suatu sore pada penghujung senja seseorang bertanya : “menjadi manusia hebat, pentingkah buat anda ?”. Asli saya tidak terhenyak, juga tidak terkejut atas pertanyaan tersebut. Kategori hebat yang bagaimana dulu yang hendak dimasukkan dalam pernyataan diatas ? hebat dalam segala hal ? atau hebat dalam bidang tertentu ? tidak semua makhluk hidup di dunia ini dikaruniai dengan seribu atau sejuta enam belas talenta, dari sekian banyak talenta yang ada dalam dirinya, pasti ada satu, dua atau lebih dari lima kekurangan yang dia miliki.

Buat saya pribadi, menjadi manusia hebat itu tidak penting. Yang terpenting buat saya adalah eksistensi saya sebagai manusia biasa yang memiliki pengaruh besar atas perjalanan hidup orang per orang lebih penting dari hanya sekedar menjadi manusia hebat.

Saya tidak ingin menjadi manusia hebat namun tidak punya kawan, saya tidak ingin menjadi manusia hebat namun mengorbankan orang lain untuk mendapatkan hebatnya / statusnya, saya tidak mau menjadi manusia hebat kalau hanya jadi social climber saja, dan masih banyak saya tidak maunya …

Bukankah menjadi manusia hebat setara dengan menjadi manusia sombong.

Itu menurut saya, bagaimana dengan anda ?

3 comments:

Avin said...

Justru menurut saya, menjadi manusia hebat adalah justru yang punya kelebihan tapi tidak menonjolkannya, tidak mengorbankan orang lain demi statusnya.. Mempunyai banyak teman yang mencintainya.. Intinya.. yang disebut Manusia Hebat adalah BUKAN manusia sombong :)

Luigi said...

Dear Hary,

Being such person, may expose his/her insecurity :), greatness may best reflected through acknowledgement by others, not a self-proclaimed declaration..

Let actions of him/hers speak louder than the campaign, and do un to others as they'd do un to you :)

Nice posting indeed, and I am loiking forward to reading the next ones.

Kind regards from Thinkers Bay..

deltakirana said...

[j]adi manusia hebat, cukup untuk diri sendiri, toh orang lain belom tentu berprasangka baik saat kita berusaha tuk jd manusia hebat bagi mereka....

enaknya sih be your self aja deh kang...