Thursday, April 03, 2008

PACARAN

AS
“Discovering myself through loving someone”

AL
“ … pacaran akhirnya buat jadi pendamping hidup gue nantinya, jadi masing-masing saling Bantu n mendukung dalam MENINGKATKAN KUALITAS DIRI, buat menghadapi kehidupan bersama ke depannya. Bukan cumin sekedar sayang-sayangan nggak jelas.”

RY
“Pacaran itu, nggak tau …”

YAN
“Proses pengenalan satu sama lain dalam keterikatan untuk menemukan pasangan untuk tahap yang lebih serius.”

WEDH
“Pacaran lebih kepada pengenalan karakter individu, dan hasrat untuk memliki biasanya lebih dominant. Hal inilah yang memunculkan rasa sayang, cemburu dan cinta.”

TOBH
“Tau, kenapa tanya gue ? gue udah ngga pacaran dua tahun!”

OW
“Masa-masa berdua menikmati apa yang lu berdua inginkan, dimana lu ngga mungkin bisa melakukan itu kalau ngga sama pacar lu, kecuali lu emang type sana sini mau.”

FACH
“Kegiatan melepas rasa sayang antar dua umat manusia yang sedang berkasih untuk lebih saling mencinta.”

IRZ
“Proses cari jodoh”

EM
“Hubungan dua orang yang lebih dari sahabat, biasanya pasti ada sexnya.”

IQ
“… hmm .. punya ‘teman’ untuk berbagi cerita, rasa suka dan duka *halah*. Dan yang penting kalo mau nonton ada yang nemenin .. “

DEW
“Dua orang yang sama-sama suka trus berkomitmen untuk ngejalin hubungan.”

WIEN
“… hubungan 2 orang yang saling tertarik n memiliki tujuan yang jelas n ada komitmennya.”

IRV
“Hubungan yang bisa menimbulkan kenyamanan dan kedekatan, bukan hanya secara fisik tapi lebih secara emosional.”

GUN
“Pacaran saat memahami, menjajaki, mengerti karakter masing-masing. Saat mencari tau kecocokan, berkomunikasi dua arah.”

EN
“Sharing perasaan dengan komitmen kali yaa”

JEM
“Pacaran adalah suatu hubungan yang lebih istimewa dari pertemanan dimana hati antara dua individu yang bersangkutan sudah merasa cocok satu sama lain dan dimana rasa cinta berkembang lebih cepat daripada sebelumnya.”

ATR
“Saat dua orang khilaf dan ngga peduli lagi, jadinya ngga waras baren in the sweetest way. Coz let’s face it, pacaran yang pake hati blinds the smartest people!”

AL H
“Pacaran ibarat dipindahkan dari neraka ke surga. Tapi di surga itu pun ada neraka-neraka yang lain, setan-setan berdatangan, ngajak pindah lagi ke neraka.”

WIL
“Pacaran, kata orang sih buat saling mengenal. Kalo kataku sih penjajahan terhadap kehidupan orang lain dalam bentuk terselubung.”

DHIT
“Pacaran itu nggak jaman! Yang lagi jaman yaa nikah! Kalo ngga bisa nikah yaa kawin!”


Well, itulah definisi pacaran ketika saya bertanya kepada beberapa teman. Adalah sebuah pernyataan mendasar bahwa pacaran merupakan hubungan antara dua orang manusia dalam berbagi suka, duka dan juga berkaitan dengan emosional, kejiwaan disertai dengan komitmen atau kesepakatan bersama.

Hubungan pacaran itu sendiri dijalankan tergantung atas bagaimana kesepakatan dua orang tersebut (ngga mungkinlah satu orang, itu namanya mencintai diri sendiri!). Beberapa orang sanggup melaksanakan dengan apa yang disebut hubungan jarak jauh atau lebih dikenal dengan Long Distance Relationship. Sementara ada yang hanya bisa satu kota saja. Lain orang ada yang menyebut dirinya dalam berhubungan / pacaran adalah “domestic partner” atau ada yang disebut dengan hubungan tanpa status atau mungkin juga teman tapi mesra.

Saya teringat dengan pembicaraan dengan sobat saya Re, dia bilang bahwa pacaran itu yang sering terjadi adalah agreement / perjanjian bukan komitmen. Menurut dia komitmen itu harus dating dari diri sendiri, atas kemauan hati yang tulus dari kita. Yang sering terjadi justru ketika orang menyatakan pacaran maka terjadilah suatu pernjanjian antara dua orang. Bahwa yang satu harus begini , yang lain harus begitu. Yang satu bilang tidak boleh pergi ke satu tempat tanpa pasangannya, sementara satunya bilang bahwa dalam satu minggu harus ada kebebasan untuk satu pihak tanpa diganggu ataupun ditanya kegiatannya apa saja hari itu.

Teman saya yang lain bilang bahwa dia lebih suka dengan long distance relationship. Karena dengan begitu maka masing-masing memiliki waktu untuk dirinya sendiri tanpa harus repot memikirkan pasangannya lagi apa, dimana dan sama siapa walaupun tetap harus ada komunikasi. Eh ?

Suatu sore dalam suatu perbincangan teman saya bilang bahwa dia ingin putus dari pacarnya . Dia tiba-tiba saja entah kenapa kemudian kehilangan esensi, makna dari hubungan dia dengan pacarnya. “Enggak tau kenapa yaa, Kang, kok tiba-tiba I didn’t feel the spark anymore.”

Melalui banyak definisi dan lainnya, saya berpikiran bahwa dalam berpacaran yang paling sulit dilakukan adalah melakukan komunikasi yang punya kualitas, pertemuan yang tidak sekedar bertemu tapi mempunyai pembicaraan yang berkualitas, kenyamanan, kehangatan yang bisa menimbulkan spark of love all the time dan itu tidak mudah. Banyak orang ketika pasangannya mulai berlebihan dalam menunjukkan rasa sayangnya kemudian mundur ketakutan, entah kenapa, mungkin mereka khawatir bahwa kemudian pasangannya menjadi seorang yang posesif dan psikopat.

Sebelum ditanya, maka saya bilang bahwa definisi pacaran buat saya adalah satu hubungan dengan kadar komunikasi, sayang, cinta, kejujuran diatas level rata-rata. Dalam artian bahwa dalam berpacaran buat saya yang paling utama adalah intensitas komunikasi yang berjalan dengan baik tanpa merasa dituntut harus memberi kabar atau juga harus meminta ijin untuk satu dan lain hal. Kemudian juga intimacy atau kemesraan (kok agak aneh yaa bahasa Indonesianya ?) yang berjalan terus dan masing-masing selalu mempunyai cara yang menyenangkan untuk terus meningkatkan hubungannya.

Pertanyaan berikut adalah .. kapan yaa saya pacaran ? ..
*halaaahh .. curhat colongan*

4 comments:

Ian said...

Yg paling penting brarti harus ada rasa cinta,sayang yg tulus dl dunk..
Klo kita sayang ma org itu, tp org itu ga sayang, or cuma jadiin kita love tester, pacaran cm jadi neraka yg dibungkus ilusi surga...

alidestroy said...

mending ngga pacaran sama sekali.
daripada pacaran tapi disisipi kebohongan.
pacaran adalah hubungan timbal balik yang ekuivalen.

firel said...

Jadi kesimpulannya:
"Kalo udah gak sayang,. lebih baik cepat2 putus deh,. daripada dilanjutin,. ntar jadi seperti neraka dibikin pepes,."..

Tau pepes pap?? (nyehehehehehe)

A New Life, A New Hope and A New Love said...

hmmmm

Nggak d forum, gak d mana mana

Blog orang juga d jadikan ajang perdebatan oleh dua orang yang ga tau masih saling menyayangi atau enggak

Cinta emang complicated

Buat yang punya blog...salam kenal ya...blognya kereeen

Hehehehehe