Tuesday, August 15, 2006

THE PRAYER

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,
Puji dan syukur kami persembahkan hanya ke hadirat-Mu, karena berkat pertolongan-Mu , perjuangan bangsa kami berhasil membuahkan proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, 61 tahun yang lalu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih,
Kami menyadari sepenuhnya, bahwa kemerdekaan yang Engkau anugerahkan kepada kami bangsa Indonesia, adalah nikmat yang telah kami tebus dengan pengorbanan jiwa dan raga putra-putri bangsa kami. Karenanya ya Allah, berikanlah kepada kami, para pemimpin bangsa kami, dan seluruh bangsa Indonesia kekuatan lahir batin, untuk mampu mempertahankan kemerdekaan dan mengisinya dengan sepenuh hati.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun,
Dengan rasa ikhlas dari lubuk hati kami yang paling dalam, kami memohon kehadirat-Mu ya Allah, ampunilah kami, para pemimpin kami, dan para pahlawan kami, semoga Engkau berkenan mengampuni dosa-dosa para pahlawan kami, dan menerima pengabdian dan darma bakti mereka kepada bangsa dan negara kami sebagai syuhada.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemelihara,
Kiranya Engkau berkenan memelihara seluruh tanah air dan bangsa kami, hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya, jauhkan kami dari perpecahan dan permusuhan, berilah kami jalan keluar dari segala krisis, dan meantapkan tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami, menuju masyarakat madani.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,
Limpahkanlah taufik dan hidayah-Mu kepada kami semua, agar jiwa dan semangat kemerdekaan terus menggelora dan mengilhami usaha dan perjuangan kami, demi kejayaan negara dan bangsa kami, agar dapat sejajar dengan bangsa-bangsa yang telah maju.

Ya Allah, Tuhan Penentu Masa Depan,
Masa depan adalah milik anak cucu kami. Jadikanlah generasi masa kini dan generasi mendatang sebagai generasi yang penuh iman dan takwa, generasi yang hormat kepada orang tua dan menghargai jasa para pahlawan. Dan jadikanlah kami dan anak cucu kami manusia yang dapat membawa bangsa dan negara kami ke tingkat kemajuan dan keadilan yang kami cita-citakan dengan terciptanya masyarakat yang saling menghormati dan penuh kasih sayang.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,
Sayangilah kami dan bangsa kami. Terimalah doa kami serta kabulkanlah permohonan kami.

No comments: