Tuesday, March 07, 2006

Selayang Pandang I

The Arrival

Pada tanggal 28 Februari sampai dengan 01 Maret 2006 yang baru lalu, Presiden Republik Indonesia dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono mengadakan kunjungan kenegaraan ke Kerajaan Kamboja dengan didampingi oleh 3 orang menteri kabinet Indonesia Bersatu yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Boediono, Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra dan Menteri Luar Negeri N. Hassan Wirajuda. Selain itu terdapat 2 anggota Dewan Perwakilan Rakyat, 1 anggota Dewan Pimpinan Daerah serta Ketua KNPI Pusat.

Berikut adalah laporan selayang pandang dari kegiatan Presiden Republik Indonesia dan Ibu Ani Bambang Yudhoyono selama berada di Kerajaan Kamboja.

Seperti biasanya kedatangan Presiden RI ke suatu negara didahului oleh kedatangan Tim Pendahulu (Advance Team) Kepresidenan yang anggotanya terdiri dari berbagai unsur yaitu dari Protokol Rumah Tangga Kepresidenan, Biro Pers dan Media Kepresidenan, Bagian Rumah Tangga Kepresidenan, Bagian Keuangan Kepresidenan, Protokol Departemen Luar Negeri, PasPamPres, Tim Dokter Kepresidenan, Sekretariat Militer Kepresidenan, BAIS TNI, Staf Juru Bicara Kepresidenan, Staf Sekretariat Negara. Total anggota dari Tim Pendahulu ini 22 orang.

Selama seminggu sebelum Presiden RI dan rombongan tiba, Tim Pendahulu mengadakan regular dan marathon meeting dengan Panitia Penyambutan Presiden RI dari Kedutaan Besar RI di Phnom Penh dan juga dengan pihak-pihak terkait seperti protokol dari Istana Raja, protokol dari Kementerian Luar Negeri Kamboja, pihak-pihak kepolisian setempat, PasPam Raja dan PasPam PM serta juga petugas-petugas dari airport dan juga pihak hotel tempat dimana Presiden RI dan rombongan menginap.

Setelah mengklarifikasi semua hal-hal yang diperlukan dan juga yang kiranya harus diantisipasi maka tinggal menunggu hari H-nya saja.

28 Februari 2006.
Saya berangkat menuju hotel pukul 12, tugas saya untuk stand by di hotel dan tidak mendampingi tim yang lain untuk penjemputan di airport. Working together side by side dengan Mbak Ami masuk ke setiap kamar anggota delegasi untuk menaruh cindera mata dari Kedutaan Besar. Setelah itu pukul 15.00 turun ke lobby karena Presiden RI tiba di airport pukul 15.20 waktu setempat (tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Phnom Penh).

Saya tidak mengikuti jalannya Upacara Kenegaraan di airport, namun dibawah ini adalah beberapa photo yang sekiranya bisa membantu untuk menguraikan apa yang terjadi di airport.



Image hosting by Photobucket

Pada gambar terlihat karpet merah yang membentang panjang sebagai tanda bahwa tamu yang datang adalah Tamu Kehormatan Negara. Di kiri dan kanannya adalah receiving line penyambutan yang terdiri atas berbagai unsur terkait.


Image hosting by Photobucket
Masyarakat Muslim Kamboja yang merupakan masyarakat minoritas di Kamboja tampak hadir dan menjadi bagian dari receiving line yang nantinya akan dilewati oleh Raja Kamboja dan Presiden RI.


Image hosting by Photobucket
The Royal Guards, para pengawal kerajaan yang bertugas untuk mengawal karpet merah dari mulai anak tangga pesawat sampai dengan panggung kehormatan.


Image hosting by Photobucket
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Kamboja dan Ibu Nani Nurrachman Oerip didampingi oleh Atase Pertahana RI untuk Kerajaan Kamboja dan Ibu Reny Andrie Sutarno tampak berjalan menuju tangga pesawat untuk nantinya menyambut rombongan Presiden RI dan Ibu Negara.


Image hosting by Photobucket
His Majesty Preah Bat Samdech Preah Boromneath NORODOM SIHAMONI, Raja Kamboja tampak menyalami Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Kamboja dan Ibu Nani Nurrachman Oerip


Image hosting by Photobucket
Lokchumteav Bun Rany Hun Sen, istri dari Perdana Menteri Kamboja Samdech Hun Sen tampak menyalami Ibu Nani Nurrachman Oerip.


Image hosting by Photobucket
Presiden Republik Indonesia dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono tampak keluar dari pintu pesawat Garuda RI - 1.


Image hosting by Photobucket



Tepat pukul 15.20 pesawat Garuda RI 1 yang dinaiki oleh Presiden RI dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono mendarat di Pochentong International Airport, Phnom Penh dari Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Setelah pintu pesawat terbuka, Kepala Protokol Istana Raja Kamboja dan Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja naik Pesawat Kepresidenan. Kepala Protokol Istana Raja Kamboja mempersilahkan Presiden RI dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono turun dari pesawat diikuti oleh rombongan resmi dan ajudan dinas.

Di tangga pesawat, Presiden RI dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono disambut oleh His Majesty NORODOM SIHAMONI, Raja Kamboja; Menteri Pendamping / Wakil Perdana Menteri dan Menteri Urusan Istana; istri Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja Ibu Nani Nurrachman Oerip; Ajudan Presiden RI, Ajudan Ibu Negara, para diplomat Indonesia.


Image hosting by Photobucket
Presiden RI dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono diterima oleh His Majesty NORODOM SIHAMONI, Raja Kamboja.


Image hosting by Photobucket
Presiden RI dan Raja Kamboja menuju Panggung Kehormatan.


Image hosting by Photobucket
Lagu Kebangsaan kedua negara.


Image hosting by Photobucket
Para pejabat pemerintahan Indonesia. Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Luar Negeri dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian.


Setelah diterima oleh Raja Kamboja, Presiden RI dan Ibu didampingi oleh Raja Kamboja menuju ke Panggung Kehormatan untuk mendengarkan lagu kebangsaan dari kedua negara secara bergantian kemudian pemeriksaan Barisan Kehormatan dan perkenalan anggota Korps Diplomatik.

Setelah upacar penyambutan resmi, rombongan Presiden RI dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono didampingi oleh Raja Kamboja meninggalkan airport menuju Hotel Intercontinental.

Tiba di Hotel Intercontinental, Presiden RI dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono disambut oleh General Manager Hotel Intercontinental, para diplomat Indonesia dan sebagian dari lokal staf Kedutaan Besar RI di Phnom Penh. Selain itu rombongan Presiden RI dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono pun disambut oleh para abituren tentara Kamboja yang menyanyikan lagu Selamat Datang Presiden RI dan lagu Disini Senang Disana Senang.

Setelah itu Presiden RI dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono menuju Royal Suite diantar oleh Raja Kamboja.

Pukul 17.00 Presiden RI dan rombongan delegasi resmi meninggalkan Hotel Intercontinental menuju Monumen Independen.

No comments: