Monday, August 08, 2005

PERTANYAANNYA NANA ...

Secara hari ini situasi adalah sibuk-sibuk tidak dan nanti malam siap-siap untuk kerja lembur karena undangan untuk resepsi diplomatik tanggal 18 Agustus 2005 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 60 harus siap dikirim besok pagi, so I take my liberty untuk santai sejenak.

Hari ini ketika buka blog, ada pesan dari ponakan tersayang ... minta saya untuk buka blognya dan menjawab tantangan yang ada disitu .. hmm .. such an interesting challenge actually ..

Baiklah, Jeng Nana-ku yang terchayank (dooh nulis 'sayang'nya kudu ala 80an yaakk ? .. hihihi), here is the answer of the questions that seems you really want to know ..

Jumlah Buku-ku
I love reading since I know how to read. Dari mulai Lima Sekawan, Sapta Siaga, Pasukan Mau Tahu, Trio Detektif, Nancy Drew, Hardy Boys, Tintin, Malory Towers, St. Claire, Si Kembar, Nina, Trigan, beberapa komik Djair, koleksi komik wayang RA. Kosasih dan beberapa komik Indonesia semua itu ada tersimpan rapi di rumah di Bandung.

Kemudian waktu dan keadaan membuat saya harus pindah ke Jakarta. Di Jakarta mulai berkenalan dengan banyak ragam buku, maklum saat itu saya sudah beranjak dewasa (cieeee ... ) so I started my collection dengan buku-bukunya Danielle Steele, John Grisham, Michael Crichton, Tom Clancy, Judith Michael kemudian tentunya semua buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit mana pun yang berkaitan dengan Peristiwa September 1965 lalu buku-buku yang berkaitan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia plus juga bangunan-bangunan tua yang ada di Indonesia. Semakin hari semakin bertambahlah tentunya koleksi buku saya semenjak saya mulai meminati untuk mencermati setiap buku-buku baru yang dikeluarkan oleh sastrawan atau pun penulis-penulis muda Indonesia seperti buku-bukunya Remy Sylado, Umar Kayam, Ahmad Tohari, Fira Basuki, Ayu Utami, Dewi Lestari.

Lalu tugas baru menanti di Phnom Penh ini, dengan meninggalkan koleksi saya di Jakarta pada orang yang saya percaya, I start my collection here in Phnom Penh dengan membeli banyak buku (dikarenakan inilah hiburan di Phnom Penh selain tentunya nonton film di DVD). Ada beberapa buku yang memang saya bawa dari Jakarta lalu ditambah yang beli disini ataupun di Bangkok .. bukunya Tom Clancy, Dan Brown, beberapa buku mengenai kisah perjalanan bangsa Cina serta juga beberapa buku yang berkaitan dengan Peristiwa Rezim Khmer Merah serta buku-buku yang berkaitan dengan Angkor Wat.

Kalau dijumlah, ehm .. mungkin sudah bisa membuka satu perpustakaan kecil :) ..

Kalau ditanya jumlah exactnya berapa, mungkin ada sekitar 500an lebih.


Yang Terakhir Dibaca ?
Hmm ... saat ini saya lagi menyelesaikan Babad Tanah Jawi jilid 3 dari 6 jilid yang harus diselesaikan. Setelah itu saya akan menyelesaikan Harry Potter lalu juga Dan Brown's books yang sampai saat ini belum sempat saya sentuh.


Yang Terakhir Dibeli ?
Well, honestly speaking .. buku yang terakhir yang saya beli adalah Harry Potter and a half Prince .. pas kemaren terakhir ke Bangkok dan saya senang karena acap kali saya baca buku itu di cafe favorit saya di Phnom Penh ini, beberapa anak remaja bule melirik dengan penuh sirik ... HAHAHAHA.


5 Buku Yang Dianggap Penting ?
Ada banyak sebenarnya namun karena diminta cuman 5, well here we go ..
1. Trilogi Ahmad Tohari : Ronggeng Dukuh Paruk, Lintang Kemukus Dinihari, Jentera Bianglala
2. Tetralogi Pramoedya Ananta Toer : Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah dan Rumah Kaca
3. Babad Tanah Jawi jilid 1 - 6
4. Kumpulan Buku seputar peristiwa September 1965
5. Kumpulan Buku karya Remi Sylado


5 Teman Yang Harus Menjawab Pertanyaan Diatas :
Cano
Aldi
Cakra
Desy
Avin


So, NANA, tuntas sudah tugas darimu ... that's the best thing that I can answer ... hehehehehe. Hope you like it. Okah dah .. makan dulu ah .. lapeur pisan euy ... :D :D :D

7 comments:

yaya said...

Bukunya yang samaan cuman harry potter ;)

Anonymous said...

Yaaaa .. masa sich ? .. hmm .. kalo bukunya Mas Sapardi punya ndak ? ... :)

cheers,
-d h-

nana said...

Aah..syenangnya baca tulisan ini. HARPOT?! secara kamu narsis ya..bisa kebayang deh ekspresi puasmu menerima lirikan anak2 bule itu hihihi... kapan ke Jkt Oom? Kita coba cari n ktemu Ahmad Thohari yuks. Jeng Siberia jg pasti semangat kl bisa ketemu. Err.. Nauval the movie freak juga.

Anonymous said...

Beneran yaa .. ntar kalo ke Jakarta, kucari dirimu .. eh tapi secara ik ndak punya no telp jij gitu lhooohhh .. adakah anak blogah yang punya ? .. Bowo punya ndak ? ... asyiik zuga ketemu dengan Om Ahmad Tohari secara ik mau minta ttd di buku dia yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris ituh ... :D :D :D

cheers,
-d h-

Anonymous said...

Hey, there what a great blog here! I'm definitely going to bookmark you!

I have a caribbean resort vacation site. It pretty much covers caribbean resort vacation related stuff.

Come and check it out if you get time :)

Anonymous said...

I find you blog to be informative . Please continue it.
Here's a subject that interests many; cartoon animals
Much info about cartoon animals

guario said...

aduh beneran jawir royo royo yaaa.. buku kegemaran juga jawir abis, hehe...

tapi sama gue juga dulu baca triloginya ahmad tohari. dulu juga pernah baca triloginya yb mangunwijaya yang roro mendut-genduk duku-lusi lindri dan sekian belas jilid senopati pamungkasnya arswendo atmowiloto.